Kurang lebih 3200 pembaca Rss Feed sudah bergabung, Sudahkah anda?

Cara instalasi Ubuntu Di Windows

Cara instalasi Ubuntu 8.04 di Windows

Selain menawarkan sejumlah versi aplikasi terbaru, versi Ubuntu 8.04 juga menyediakan utilitas untuk memudahkan proses instalasi Ubuntu 8.04 di Windows

Prainstalasi :

Beberapa hal yang perlu diperhatikan.sebelum memulai proses instalasi Ubuntu 8.04, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

o Pastikan bahwa computer anda memiliki RAM minimal sebesar 384 MB

o CPU : 700 MHZ (1.2 Ghz dibutuhkan untuk efek desktop)

o Video card : mendukung resolusi 1024x768

o CD ROOM drive atau kartu jaringan (apabila anda tidak memiliki CDROM drive, bias melakukan instalasi dengan metoda network install)

o Jika anda sudah mengintalasi Ubuntu secara dual booting dengan diletakan pada partisi terpisah, pastikan paling tidak data yang anda letakan pada partisi yang akan anda instalkan Ubuntu sudah anda back-up kepartisi lain dahulu. Karena partisi tersebut nantinya akan diformat.

o Back-up, back-up dan back-up meskiipun instalasi dengan menggunakan Wubi sangat aman, namun sangat disarankan untuk membackup data penting Anda kemedia yang lain untuk menjaga hal yang tidak dinginkan. Apalagi jika anda melakukan proses instalasi Ubuntu dengan menggunakan Media CD/DVD-ROM drive.

  1. Tool untuk mengistalasi Ubuntu 8.04 di windows ini bernama Wubi. Tool ini dapat mempermudah para pengguna awala yang ingin mencoba linux untuk dapat mengistalasi Ubuntu di Windows. Tool ini sudah langsung diinstalasikan dalam live CC distro Ubuntu 8.04.
  2. Download file iso liveCd install Ubuntu desktop 8.04 dari url www.ubuntu.com setelah itu, burning file iso ini dengan menggunakan burning tool sepeti Nero atau Deep burner. Jika file iso ini dirasa cukup besar untuk didownload, file iso distro ini juga dapat anda temukan pada pada bonus DVD infoLINUX edisi 06/2008.
  3. Setelah selesai Burn, masukan kembali liveCD instalasi Ubuntu 8.04 ini ke dalan CD-ROM drive, tak beberapa lama kemudian autorun dari CD akan berjalan, dan menampilkan Ubuntu CD menu. Klik menu install inside Windows untuk memulai instalasi.
  4. Tak beberapalam akan muncul halaman utama Wubi. Pada halaman terasebut, anda cukup memesukan nama dan password , jika anda merasa kapasitas hardisk yang anda gunakan untuk insstalasi ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar, ubaha saja nilai yang etrdapat pada installation size sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai mengisi semua yng dibutuhkan. Klik button install untuk memulai proses instalasi.
  5. Installer Wubi akan memulai proses instalasi dengan meng-copy file-file yng dibutuhkan. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai.
  6. Proses instalasi selesai dan akan muncul konfirmasi untuk melakukan proses reboot lakukan saja proses reboot dengan mengklik button Finish.
  7. komputer akan melakukan proses reboot. Sebelum tampil halaman boot screen Wndows, akan tampil pilihan menu untuk masuk kesistem Window atau Ubuntu. Kerena proses instalasi Ubuntu 8.04 yang sebenarnya belum selesai dilakukan, Pilih menu Ubuntu pada menu pulihan tersebut.
  8. Tak berapa lama kemudian, akan tampil halaman boot screen Ubuntu. Tunggu beberapa saat hingga anda dapat masuk kehalaman desktop Ubuntu.
  9. Pada saat masuk ke halaman desktop Ubuntu. Proses instalasi yang sebenarnya akan dimulai lama proses instalasi ini bergantung pada sfesifikasi hardware yang anda miliki. Biarkan proses instalasi berlangsung,dan anda dapat beristirahat sejenak.
  10. Setelah proses instalasi berlangsung, Komputer akan melakukan reboot kembali. Pilih kembali menu Ubuntu pada pilihan menu, untuk masuk kehalaman desktop Ubuntu.
  11. Selanjutnya akan tampil halaman GDM (Gnome Display Manager) ketikan nama dan password, sesuai dengan yang anda msukan pada langkah 4.
  12. Jika nama dan password yang anda masukan sesuai. Anda dapat langsung masuk dan menikmati halaman desktop Ubuntu.
  13. Jika anda bosan dan ingin menguninstall Ubuntu yang telah diinstal dengan Wubi, Anda cukup masuk ke folder Ubuntu, Kemudian double klik uninstall-Ubuntu.exe Untuk memulai proses uninstall.
  14. Setelah muncul halam uninstall, kilk button Uninstall untuk memulai proses Uninstall Ubuntu. Cukup Judah Bukan.

0 komentar: